Kemajuan Dalam Bidang Pendidikan Pada Masa Bani Abbasiyah

Kemajuan pendidikan abbasiyah, kemajuan pendidikan bani abbasiyah, pendidikan bani abbasiyah, kemajuan pendidikan bani abbas, pendidikan pada masa abbasiyah, kemajuan bani abbasiyah dibidang pendidikan, pendidikan bani abbasiyah mengalami kemajuan

(source: republika.co.id)

Pada masa pemerintahan Bani Abbas, kegiatan pendidikan dan pengajaran mencapai kemajuan gemilang. Sebagian Khalifah Abbasiyah merupakan orang berpendidikan. Sebenarnya, pada masa akhir pemerintahan Bani Umayyah kegiatan pendidikan telah tersebar di wilayah muslim, tapi baru pada masa Bani Abbasiyah lah bidang pendidikan dan pengajaran mencapai kemajuan pesat. Pada masa itu, mayoritas umat Islam mampu membaca dan menulis, mereka juga dapat memahami Al-Qur’an. Pada masa ini, pendidikan tingkat dasar diselenggarakan di masjid-masjid, dimana al-qur’an merupakan bahan rujukan wajib.

Baca juga: Kemajuan Ilmu Pendidikan Pada Masa Bani Abbasiyah

Selain itu, terdapat juga kegiatan pendidikan dan pengajaran di rumah-rumah penduduk dan di tempat-tempat umum lainnya, misalnya, Maktab. Terdapat juga sejumlah lembaga sekolah masjid-masjid, seperti Zawiyah, Hanqah dan lain-lain. Menurut keterangan yang ada, terdapat sekitar 30.000 masjid yang sebagian besar dipergunakan sebagai lembaga pendidikan dan pengajaran tingkat dasar. Pendidikan pada masa pemerintahan Bani Abbas tidak hanya diikuti oleh anak-anak pada tingkat dasar saja, juga terdapat pendidikan tingkat menengah dan tingkat tinggi, seperti Baitul Hikmah dan madrasah Nidzamiyah yang tidak hanya ada di Baghdad, ada juga di Persia. Madrasah ini didirikan oleh Nizham al-Mulk, seorang wazir Sultan Saljuk antara tahun 1065-1067 M dan merupakan pusat lembaga pendidikan agama yang terbesar pada masa dinasti Abbasiyah.

Kurikulum pendidikan pada tingkat dasar terdiri dari pelajaran membaca, menulis, tata bahasa, hadits, prinsip-prinsip dasae matematika dan pelajaran syair. Sedangkan pendidikan tingkat menengah terdiri dari pelajaran tafsir Al-Qur’an, sunah Nabi, fiqh dan ushul fiqh, kajian ilmu kalam (teologi), ilmu mantiq (retorika) dan kesusastraan. Kaum terpelajar tingkat tinggi mengadakan pengkajian dan penelitian mandiri di bidang astronomi, goegrafi dunia, filsafat, geometri, musik dan kedokteran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s